Page 80 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 80

07.3.  Tujuan:
                              1)   Meningkatkan  kualitas  lulusan    Pendidikan  IPS  yang  ditandai  dengan
                                 meningkatnya  IPK  lulusan,  kecepatan  masa  studi,  meningkatnya  kualitas
                                 hasil  penelitian  tesis,  meningkatnya  jumlah  karya  ilmiah  mahasiswa  yang
                                 terpublikasikan dalam  jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional,
                                 meningkatnya  angka  partisipasi  mahasiswa  menjadi  pembicara  dalam
                                 kegiatan ilmiah baik di tingkat nasional maupun internasional.
                              2)   Meningkatnya jumlah dan kualitas lulusan Pendidikan IPS yang diterima di
                                 dunia  kerja  sesuai  dengan  kualifikasinya,  baik  di  bidang  pendidikan  dan
                                 nonpendidikan di sector pemerintah dan swasta.
                              3)   Meningkatnya jumlah dan kualitas hasil penelitian dosen dengan bantuan
                                 hibah daerah dan nasional yang ditindaklanjuti dengan meningkatnya karya
                                 ilmiah  dosen  baik  dalam  bentuk  buku  teks,  buku  ajar,  modul,  teknologi
                                 pembelajaran, usulan kebijakan untuk pemerintah daerah dan pemerintah
                                 pusat,  dan  karya  tulis  dosen  yang  masuk  ke  jurnal-jurnal  nasional
                                 terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi.
                              4)   Meningkatnya  produk  karya  penelitian  dan  P2M  dosen  yang  berhasil
                                 memperoleh HKI dan paten.
                              5)   Meningkatnya jumlah dan kualitas hasil P2M dosen dengan bantuan hibah
                                 daerah dan nasional dan berkontribusi besar kepada peningkatan kualitas
                                 pembangunan nasional baik melalui program pendidikan sekolah, program
                                 bidang sosial tertentu sesuai Prodi, dan program nonpendidikan lainnya.
                              6)   Meningkatkan usaha kerjasama baik dengan pemerintah, lembaga swasta
                                 dan   perguruan tinggi dalam dan luar negeri dalam pelaksanaan tri dharma
                                 perguruan tinggi.
                              7)   Meningkatnya jumlah pertukaran mahasiswa dengan perguruan tinggi di
                                 dalam dan di luar negeri melalui program kerja sama double degree.

                      07.4.  Profil:
                              1)   Pendidik Pendidikan IPS dan Ilmu-ilmu Sosial
                              2)   Tenaga ahli/Peneliti bidang Pendidikan IPS dan Ilmu-ilmu Sosial.
                              3)   Wirausahawan  sosial dan edupreneur Pendidikan IPS dan Ilmu-Ilmu Sosial

                             Tabel  01. Deskripsi Profil Lulusan

                              No         Profil            Jenis Pekerjaan          Deskripsi Pekerjaan
                              1.    Pendidik           Guru, Dosen, Instruktur  Guru     profesional   yang
                                   Pendidikan     IPS  pada           lembaga  mampu  mengembangkan
                                   dan      Ilmu-Ilmu  pendidikan  formal  dan  dan    mentransformasikan
                                   Sosial              nonformal  di  jenjang  pembelajaran  pendidikan
                                                       pendidikan        dasar,   IPS  dan  ilmu-ilmu  social
                                                       menengah            dan  kepada peserta didik.
                                                       pendidikan  tinggi  baik  Dosen  professional  yang
                                                                                 mampu  mengembangkan




                       Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         76
   75   76   77   78   79   80   81   82   83   84   85