Page 79 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 79

strategis Pemerintah tentang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Restrukturisasi
                             kurikulum  berorientasi pada penyiapan  lulusan  yang  yang  unggul  (kompetitif,
                             berkarakter,  kolaboratif,  dan  adaftif)  berlandaskan  falsafah  Tri  Hita  Karana,
                             berperan  sebagai  subjek  mampu  memanfaatkan  kemajuan  teknologi  era  4,0
                             untuk  kepentingan  peningkatan  kesejahteraan,  pemberdayaan  nilai-nilai
                             kemanusiaan dan hakekat manusia sebagai mahluk social yang berspektif Tri Hita
                             Karana  (homo  socius-homo  Tri  Hita  Karana).  Disamping  itu,  penyusunan
                             kurikulum ini juga mengacu kepada dua pedoman yang lebih spesifik. Pertama,
                             Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang menempatkan program S2
                             pada  Level  8  dimana  Kurikulum  Pascasarjana  Program  Studi  Pendidikan  IPS
                             memuat capaian pembelajaran yang mengacu pada deskripsi level 8 (delapan)
                             dengan penjelasan bahwa program magister atau magister terapan diarahkan
                             untuk  menguasai  teori  dan  teori  aplikasi  di  bidang  tertentu.  Kedua,  catur
                             program  dalam  Kurikulum  Merdeka  Pascasarjana  Undiksha,  yang  terdiri  atas
                             program mata kuliah perspektif Tri Hita Karana (THK), program mata kuliah untuk
                             profesi  baru,  program  mata  kuliah  lintas  program  studi,  dan  program
                             pembelajaran humanis.
                                    Berdasarkan  pola  pikir  dan  pola  kerangka  kerja  di  atas,  Kurikulum
                             Merdeka  Program  Studi  Magister  pendidikan  IPS  memuat  hal-hal  pokokyang
                             mencakup visi, misi, tujuan, profil lulusan, bahan kajian, capaian pembelajaran
                             lulusan,  struktur  kurikulum,  dan  deskripsi  mata  kuliah.  Deskripsi  lengkap  isi
                             kurikulum disajikan berikut ini.

                      07.1.  Visi:
                              “Menjadi program studi unggul di bidang Pendidikan IPS berlandaskan falsafah
                              Tri Hita Karana di Asia pada tahun 2045”.

                      07.2.  Misi:
                              1)   Menyelenggarakan  pendidikan  dan  pembelajaran  berkelanjutan  untuk
                                 menghasilan  sumber  daya  manusia  yang  berkualitas,  unggul,  kompetitif,
                                 berkarakter,  humanis,  serta  berwawasan    nasional  dan  internasional  di
                                 bidang Pendidikan IPS melalui penguatan nilai-nilai identitas lokal Tri Hita
                                 Karana dan identitas lokal nusantara.
                              2)   Menyelenggarakan kegiatan penelitian yang unggul dan berkualitas dalam
                                 bidang pengembangan Pendidikan IPS sehingga menghasilkan output yang
                                 berkontribusi  tinggi  pada  perolehan  HAKI,  pengembangan  teknologi
                                 rekayasa sosial, pengembangan kebijakan publik, penulisan buku  berstandar
                                 nasional dan internasional, dan penulisan jurnal bereputasi internasional.
                              3)   Menyelenggarakan      pengabdian       kepada      masyarakat      untuk
                                 menumbuhkembangkan  pemberdayaan  masyarakat  dan  sekolah  yang
                                 ditandai oleh penguatan identitas lokal yang bertumpu pada ideologi Tri Hita
                                 Karana dan Pancasila.
                              4)   Membangun  kerjasama  dan  networking  dengan  berbagai  instansi  terkait
                                 untuk  peningkatan  kualitas  pendidikan  IPS,  dan  nilai-nilai  sosial
                                 kemasyarakatan, baik tingkat regional, nasional, maupun internasional.




                       Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         75
   74   75   76   77   78   79   80   81   82   83   84