Page 192 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 192

berpikir  kritis  berkaitan  dengan  paradigma  Teknologi  Pembelajaran  dalam
                                   memecahkan berbagai permasalahan dunia pembelajaran. Dalam perkuliahan ini,
                                   secara  khusus  mahasiswa  diajak  mengkritisi  paradigma  Teknologi  Pembelajaran
                                   yang  telah  mengalami  krisis  dan  mencoba  memformulasi  gagasan  baru.  Secara
                                   umum, mahasiswa juga diajak mengkritisi paradigma Teknologi Pembelajaran dari
                                   berbagai  sudut  pandang  yang  kompleks  sesuai  dengan  definisi  Teknologi
                                   Pembelajaran yang bersifat lampau, kekinian, dan masa depan. Produk tambahan
                                   dalam perkuliahan ini adalah draft artikel ilmiah berbasis kajian kualitatif atau studi
                                   pustaka

                                                                                      4)
                             24)   Kecenderungan Perkembangan Teknologi Pembelajaran
                                   Mata  kuliah  ini  bertujuan agar  mahasiswa  memiliki kompetensi  untuk mengkaji
                                   kecenderungan perkembangan teknologi pembelajaran di masa depan. Kompetensi
                                   dimaksud  mencakup  mengidentifikasi  kebutuhan  teknologi  dalam  pembelajaran
                                   dan mendesain pemanfaatan teknologi untuk mendukung pembelajaran. Teknologi
                                   dimaksud mencakup multimedia, hipermedia, dan cloud technology.  Pembahasan
                                   dimulai  dari  pengkajian  teoretik,  pengkajian  filosofis,  pengkajian  konteks
                                   penerapan  sampai  dengan  pengembangan  prototipe.  Pengkajian  seperti  itu
                                   diharapkan  memberi  penyadaran  bahwa  teknologi  tetap  berposisi  sebagai  alat
                                   bantu manusia untuk bernegosiasi membangun struktur sosial. Manusia memiliki
                                   kebebasan  untuk  bertindak  dan  berpikir  dengan  cara-cara  baru,  tetapi  semua
                                   tindakan dan pemikiran manusia dibatasi oleh struktur sosial yang ada, dikondisikan
                                   oleh praktik sosial yang ada, dan dibentuk oleh ide-ide yang ada.

                                                          4)
                             25)   Manajemen Pengetahuan
                                   Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan
                                   tentang  pendekatan  yang  sistematis  untuk  mendapatkan,  menempatkan,
                                   mengatur, dan mendeseminasikan pengetahuan melalui  organisasi dalam upaya
                                   mendapatkan  kinerja  yang  lebih  cepat,  mengulang  pengalaman  terbaik,  dan
                                   mengurangi biaya. Manajemen pengetahuan menggunakan campuran teknik dari
                                   desain  sistem  berbasis  pengetahuan,  seperti  strategi  akuisisi  pengetahuan
                                   terstruktur  dari  para  ahli  materi  pelajaran  dan  teknologi  pendidikan  (misalnya,
                                   analisis tugas dan pekerjaan untuk merancang dan mengembangkan tugas sistem
                                   pendukung). Pengkajian mengintegrasikan strategi, alat, dan teknik pemerolehan
                                   pengetahuan. Proses pendidikan, pelatihan, dan praktik kecerdasan buatan seperti
                                   tutorial, pendampingan rekan sejawat, dan belajar dari kesalahan digunakan dalam
                                   perkuliahan.

                                                                        4)
                             26)   Sistem Informasi Manajemen Pendidikan
                                   Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan
                                   untuk  mendapatkan,  menempatkan,  mengatur,  dan  menganalisis  data  agar
                                   menghasilkan  informasi  yang  diperlukan  dalam  pengambilan  keputusan.  Materi
                                   perkuliahan mencakup input, proses, dan output dari sistem informasi manajemen
                                   pendidikan  yang  berlandaskan  kebenaran  data,  konsistensi  data,  dan  ketepatan
                                   waktu  penyampaian  data.  Pengkajian  dimulai  dari  pengertian  apa  itu  data,
                                   kemudian bagaimana data diinput, dan bagaimana data diproses, sampai dengan
                                   bagaimana memanfaatkan informasi untuk pengambilan keputusan. Manajemen
                                   peralatan pendukung ditekankan pada peralatan berbasis komputer





                      Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         188
   187   188   189   190   191   192   193   194   195   196   197