Page 193 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 193

4)
                             27)   Pengembangan Bahan Ajar Digital
                                   Mata  kuliah  ini  bertujuan  agar  mahasiswa  memiliki  kompetensi  dalam
                                   mengembangkan  bahan  ajar  digital  yang  dapat  diakses  secara  offline  maupun
                                   online. Bahan ajar tersebut diharapkan mampu membelajarkan siswa tidak sebatas
                                   pedagogy,  namun  sampai  pada  heutagogy,  peeragogy,  dan  cybergogy.  Dengan
                                   demikian siswa mampu belajar secara mandiri untuk memfasilitasi konsep belajar
                                   sepanjang hayat, belajar berkolaborasi, dan belajar secara online dalam jaringan,
                                   sesuai tuntutan belajar modern. Materi perkuliahan dimulai dari analisis kebutuhan,
                                   kemudian  desain,  selanjutnya  implementasi,  sampai  akhirnya  pada  pengujian.
                                   Prosedur pengembangan mengikuti model yang dipilih, seperti ADDIE, 4D, 3DE, Dick
                                   & Carey, Plomp, Nieven, dan seterusnya. Pengujian bahan ajar mengikuti model
                                   pengembangan  yang  digunakan,  dan  lebih  menekankan  pada  aspek  kegunaan
                                   (usability).

                                                                                   5)
                             28)   Pengembangan Materi dan Desain Pembelajaran IPA
                                   Mata kuliah pengembangan materi dan desain pembelajaran IPA bertujuan untuk
                                   mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam menganalisis materi pembelajaran
                                   dan  merancang  desain  pembelajaran.  Analisis  materi  dimaksud  mencakup
                                   penyesuaian materi dengan karakteristik dan lingkungan siswa, pengaturan urutan
                                   dan  pemotongan  materi,  serta  penyesuaian  materi  dengan  perkembangan  ilmu
                                   pengetahuan  dan  teknologi.  Desain  pembelajaran  mencakup  pendekatan
                                   pembelajaran, model penyajian materi, dan pemilihan media pembelajaran

                             29)   Pengembangan Model Evaluasi Pembelajaran IPA 5)
                                   Mata kuliah model evaluasi pembelajaran IPA bertujuan agar mahasiswa memiliki
                                   kopetensi  dalam  mempersiapkan  dan  melaksanakan  evaluasi  pembelajaran  IPA,
                                   baik  evaluasi  formatif, evaluasi  sumatif, evaluasi  penempatan, maupun  evaluasi
                                   diagnostik.  Perkuliahan  mencakup  pengkajian  jenis  evaluasi  sesuai  tujuannya,
                                   bentuk evaluasi, dan model evaluasi. Perkuliahan juga mengkaji bentuk instrumen
                                   evaluasi, penyusunan instrumen evaluasi, dan pengujian instrumen evaluasi

                             30)   Analisis Problematik Pembelajaran IPA 5)
                                   Mata  kuliah  analisis  problematik  pembelajaran  IPA  bertujuan  membekali
                                   mahasiswa dengan kompetensi untuk mengidentifikasi berbagai problematik yang
                                   terjadi pada pembelajaran IPA, mengenali faktor-faktor yang dapat menimbulkan
                                   problematik tersebut serta merumuskan solusi untuk mencegah dan mengatasinya.
                                   Perkuliahan    dimulai  dari    mengkaji  beberapa  contoh  kasus  problematik
                                   pembelajaran  IPA  yang  sudah  pernah  terjadi.  Pengkajian  dilanjutkan  dengan
                                   mengidentifikasi dan menganalisis problematik pembelajaran IPA yang lain, serta
                                   mencoba memprediki problematik pembelajaran IPA yang berpeluang terjadi

                                                                                5)
                             31)   Pengembangan Metode dan Model Penelitian IPA
                                   Pengembangan  metode  dan  model  penelitian  IPA  bermaksud  mengembangkan
                                   kompetensi mahasiswa dalam menetapkan dan melaksanakan metode serta model
                                   penelitian  IPA  sesuai  dengan  permasalahan  yang  akan  dikaji.  Harapannya,
                                   mahasiswa memiliki kemampuan untuk mengembangkan pengetahuan, teknologi,
                                   dan/atau  seni  baru  dalam  bidang  pendidikan  IPA  atau  praktek  profesionalnya
                                   melalui riset, hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji, serta mampu
                                   memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan teknologi, dan/atau seni dalam




                      Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha                                                                                         189
   188   189   190   191   192   193   194   195   196   197   198