Page 193 - Kurikulum Merdeka Pascasarjana 2021
P. 193
4)
27) Pengembangan Bahan Ajar Digital
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki kompetensi dalam
mengembangkan bahan ajar digital yang dapat diakses secara offline maupun
online. Bahan ajar tersebut diharapkan mampu membelajarkan siswa tidak sebatas
pedagogy, namun sampai pada heutagogy, peeragogy, dan cybergogy. Dengan
demikian siswa mampu belajar secara mandiri untuk memfasilitasi konsep belajar
sepanjang hayat, belajar berkolaborasi, dan belajar secara online dalam jaringan,
sesuai tuntutan belajar modern. Materi perkuliahan dimulai dari analisis kebutuhan,
kemudian desain, selanjutnya implementasi, sampai akhirnya pada pengujian.
Prosedur pengembangan mengikuti model yang dipilih, seperti ADDIE, 4D, 3DE, Dick
& Carey, Plomp, Nieven, dan seterusnya. Pengujian bahan ajar mengikuti model
pengembangan yang digunakan, dan lebih menekankan pada aspek kegunaan
(usability).
5)
28) Pengembangan Materi dan Desain Pembelajaran IPA
Mata kuliah pengembangan materi dan desain pembelajaran IPA bertujuan untuk
mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam menganalisis materi pembelajaran
dan merancang desain pembelajaran. Analisis materi dimaksud mencakup
penyesuaian materi dengan karakteristik dan lingkungan siswa, pengaturan urutan
dan pemotongan materi, serta penyesuaian materi dengan perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi. Desain pembelajaran mencakup pendekatan
pembelajaran, model penyajian materi, dan pemilihan media pembelajaran
29) Pengembangan Model Evaluasi Pembelajaran IPA 5)
Mata kuliah model evaluasi pembelajaran IPA bertujuan agar mahasiswa memiliki
kopetensi dalam mempersiapkan dan melaksanakan evaluasi pembelajaran IPA,
baik evaluasi formatif, evaluasi sumatif, evaluasi penempatan, maupun evaluasi
diagnostik. Perkuliahan mencakup pengkajian jenis evaluasi sesuai tujuannya,
bentuk evaluasi, dan model evaluasi. Perkuliahan juga mengkaji bentuk instrumen
evaluasi, penyusunan instrumen evaluasi, dan pengujian instrumen evaluasi
30) Analisis Problematik Pembelajaran IPA 5)
Mata kuliah analisis problematik pembelajaran IPA bertujuan membekali
mahasiswa dengan kompetensi untuk mengidentifikasi berbagai problematik yang
terjadi pada pembelajaran IPA, mengenali faktor-faktor yang dapat menimbulkan
problematik tersebut serta merumuskan solusi untuk mencegah dan mengatasinya.
Perkuliahan dimulai dari mengkaji beberapa contoh kasus problematik
pembelajaran IPA yang sudah pernah terjadi. Pengkajian dilanjutkan dengan
mengidentifikasi dan menganalisis problematik pembelajaran IPA yang lain, serta
mencoba memprediki problematik pembelajaran IPA yang berpeluang terjadi
5)
31) Pengembangan Metode dan Model Penelitian IPA
Pengembangan metode dan model penelitian IPA bermaksud mengembangkan
kompetensi mahasiswa dalam menetapkan dan melaksanakan metode serta model
penelitian IPA sesuai dengan permasalahan yang akan dikaji. Harapannya,
mahasiswa memiliki kemampuan untuk mengembangkan pengetahuan, teknologi,
dan/atau seni baru dalam bidang pendidikan IPA atau praktek profesionalnya
melalui riset, hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji, serta mampu
memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan teknologi, dan/atau seni dalam
Kurikulum Program Studi Pascasarjana-Undiksha 189