Page 19 - Pedoman Pendidikan Pascasarjana 2021
P. 19
BAB III
KURIKULUM
A. Kurikulum Merdeka
Ada hal baru untuk Kurikulum 2020 ini, yaitu program Merdeka Belajar Kampus
Merdeka. Oleh karena itu, Kurikulum 2020 Pascasarjana disebut dengan
Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka berorientasi pada Standar Kompetensi
Lulusan. Standar Kompetensi Lulusan merupakan kriteria minimal tentang
kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan
keterampilan yang dinyatakan dalam rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan.
Rumusan sikap dan keterampilan umum sebagai bagian dari capaian
pembelajaran lulusan tertuang dalam lampiran SNPT.
B. Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.
Dalam rangka mengakomodasi dan mengimplementasikan kebijakan Merdeka
Belajar Kampus Merdeka, Pascasasarja Undiksha mengambil beberapa langkah
adaptif yang disebut catur program, terdiri dari program mata kuliah “perspektif
THK”, program mata kuliah untuk profesi baru, program kuliah lintas program
studi, dan program pembelajaran humanis.
(1) Program Mata Kuliah “perspektif THK”
Dalam upaya menciptakan lulusan yang ber THK maka setiap prodi di
lingkungan Pascasarjana Undiksha, baik program S2 ataupun S3 wajib
menyusun satu mata kuliah dengan bobot 3 sks yang mempunyai perspektif
THK dan bersesuaian dengan karakteristik prodi. Di samping itu, setiap dosen
dapat mengintegrasikan nilai-nilai THK ke dalam mata kuliah yang diampu.
(2) Program Mata kuliah untuk profesi baru.
Salah satu dampak kemajuan TI adalah adanya perubahan yang sangat cepat,
dan tidak menentu. Oleh karena itu Prodi diharapkan:
a. memasukkan nilai-nilai kewirausahaan yang mendidik mahasiswa
untuk menjadi job creator, bukan hanya menjadi job seeker.
b. memperbanyak matakuliah berbasis penelitian dan pengabdian terapan
yang memecahkan masalah nyata di masyarakat,
c. memperbanyak matakuliah praktek kolaboratif melibatkan aneka
sumber daya baik internal maupun ekternal, melibatkan praktisi
dengan aneka latar belakang, pengalaman, dan aneka kisah sukses,
d. memberbanyak matakuliah untuk membangun pengetahuan dan
pengalaman aplikatif melalui aneka percobaan, survey dan penelitian-
penelitian sederhana berbasis data yang autentik dan original.
8