Page 19 - Pedoman Pendidikan Pascasarjana 2021
P. 19

BAB III

                                                        KURIKULUM



                        A. Kurikulum Merdeka

                        Ada hal baru untuk Kurikulum 2020 ini, yaitu program Merdeka Belajar Kampus
                        Merdeka.  Oleh  karena  itu,  Kurikulum  2020  Pascasarjana  disebut  dengan
                        Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka berorientasi pada Standar Kompetensi
                        Lulusan.  Standar  Kompetensi  Lulusan  merupakan  kriteria  minimal  tentang
                        kualifikasi  kemampuan  lulusan  yang  mencakup  sikap,  pengetahuan,  dan
                        keterampilan  yang  dinyatakan  dalam  rumusan  Capaian  Pembelajaran  Lulusan.
                        Rumusan  sikap  dan  keterampilan  umum  sebagai  bagian  dari  capaian
                        pembelajaran lulusan tertuang dalam lampiran SNPT.


                        B. Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

                        Dalam  rangka  mengakomodasi  dan  mengimplementasikan  kebijakan  Merdeka
                        Belajar  Kampus  Merdeka,  Pascasasarja  Undiksha  mengambil  beberapa  langkah
                        adaptif yang disebut catur program, terdiri dari program mata kuliah “perspektif
                        THK”, program  mata kuliah untuk  profesi  baru, program  kuliah lintas program
                        studi, dan program pembelajaran humanis.

                        (1)  Program Mata Kuliah “perspektif THK”

                            Dalam  upaya  menciptakan  lulusan  yang  ber  THK  maka  setiap  prodi  di
                            lingkungan  Pascasarjana  Undiksha,  baik  program  S2  ataupun  S3  wajib
                            menyusun satu mata kuliah dengan bobot 3 sks yang mempunyai perspektif
                            THK dan bersesuaian dengan karakteristik prodi. Di samping itu, setiap dosen
                            dapat mengintegrasikan nilai-nilai THK ke dalam mata kuliah yang diampu.

                        (2)  Program Mata kuliah untuk profesi baru.


                            Salah satu dampak kemajuan TI adalah adanya perubahan yang sangat cepat,
                            dan tidak menentu. Oleh karena itu Prodi diharapkan:

                                a.  memasukkan  nilai-nilai  kewirausahaan  yang  mendidik  mahasiswa
                                   untuk menjadi job creator, bukan hanya menjadi job seeker.
                                b. memperbanyak matakuliah berbasis penelitian dan pengabdian terapan
                                   yang memecahkan masalah nyata di masyarakat,
                                c.  memperbanyak  matakuliah  praktek  kolaboratif  melibatkan  aneka
                                   sumber  daya  baik  internal  maupun  ekternal,  melibatkan  praktisi
                                   dengan aneka latar belakang, pengalaman, dan aneka kisah sukses,
                                d. memberbanyak  matakuliah  untuk  membangun  pengetahuan  dan
                                   pengalaman aplikatif melalui aneka percobaan, survey dan penelitian-
                                   penelitian sederhana berbasis data yang autentik dan original.




                                                                                                      8
   14   15   16   17   18   19   20   21   22   23   24